Daya Tarik Wisata Pango-Pango Toraja, Lengkap Rute Dan Harga Tiket

WISATAOKY.COM, Daya Tarik Wisata Pango-Pango Toraja -- Menikmati secangkir Kopi Toraja yang begitu  nikmat sembaring memandang pesona bentang alam adalah salah satu cara berwisata ke Pango-Pango Toraja. Sebuah agrowisata yang terletak di Makale ini, menyungguhi pemandangan alam cukup menawan. Setiap pengunjung yang datang ke angrowisata ini selalu terpanah akan pesonanya. Lantas, seperti apa pesona tersebut? Berikut saya akan membahas lengkap mengenai destinasi wisata ini.
Agrowisata Pango-Pango
Foto: Visit Sulsel
Sejarah Pango-Pango Toraja

Cantik dan indah adalah gambaran dari Pango-Pango Toraja. Walaupun demikian, tahukah sobat bahwa Pango-Pango Toraja ini memiliki cerita sejarah masa silam. Konon katanya puncak Pango-Pango ini pernah di jadikan sebagai tempat pemantauan oleh tentara jepang ketika masih menjajah negara indonesia. Mereka menjadikannya sebagai tempat meneropong pergerakan musuh, karena tempatnya sangat strategis yakni berada di atas ketinggian. Hal ini mereka lakukan demi untuk menjaga kestabilan pemerintahan Jepang di Tanah Toraja. Namun selepas dari kejadian itu, kini Pango-Pango Toraja sudah menjadi tempat paling keren dan nyaman untuk liburan.

Daya Tarik Agrowisata Pango-Pango Toraja
Agrowisata Pango-Pango
Gumpalan Awan Di Pango Pango Toraja
Terbilang populer di Tanah Toraja, Pango-Pango ini menyungguhi pemandangan alam yang cukup menawan. Jika di Lolai ada gumpalan awan yang di ibaratkan sebagai gumpalan awan paling indah di Toraja, maka sobat salah besar, sebab di Pango-Pango ini ada juga gumpalan awan yang tidak kalah indahnya. Hamparan awan yang menyelimuti kota Makale di pagi hari membuat siapa saja yang melihatnya seakan terhipnotis. Apalagi, ketika pancaran sinar mentari muncul dengan gagah dari balik gunung membuat destinasi wisata ini terlihat makin cantik.

Titik di mana sobat bisa menikmati gumpalan awan atau yang biasa di kenal dengan negeri di atas awan ini di lengkapi dengan gozebo dan spot foto yang begitu istagenic. Sobat bisa menikmati pemandangan sembaring berfoto selfie di spot foto ini.

Selain gumpalan awan yang begitu istagramable, sobat juga bisa mengekslor keindahan berupa jejeran pohon pinus yang ada di kawasan Agrowisata Pango-Pango Toraja. Jejeran pohon pinus ini sudah dikelolah dengan rapi, dan di lengkapi dengan jalan setapak serta gazebo sebagai tempat istirahat.

Pengunjung juga bisa menjelajah ke salah satu perkebuan legendaris di Tanah Toraja yakni kebun Kopi Toraja. Terdapat juga perkebunan sayur-sayuran, jagung, enau, tamarillo dan lain sebagainya, yang tumbuh dengan subur.

Di agrowisata ini, juga di lengkapi dengan tempat berupa gazebo yang tersebar di segala sisi kawasan wisata. Hal ini di lakukan demi untuk memanjakan para wisatawan, serta sebagai tempat peristirahatan para wisatawan jika telalu capek menjelajah.

Pada soreh menjelang malam sobat juga akan di sungguhi pemandangan berupa sunset dengan variasi warna kuning bercampur merah. Tentu hal ini sangat romantis, apalagi di saksikan bersama pasangan. Setelah menyaksikan sunset, di malam hari sobat juga bisa menyasikan pemandangan berupa kerdap-kerdip lampu Kota Makale.

Alamat Agrowisata Pango-Pango Toraja
Agrowisata Pango-Pango

Alamat lokasi Agrowisata Pango-Pango Toraja yakni berada di Makale, tepatnya di Kelurahan Pasang, Makale Sel., Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Pango-Pango ini terletak di atas ketinggian 1700  mdpl. Tentu udara yang ada di sekitar kawasan ini masih sejuk dan alami.

Jika ingin berkunjung sobat bisa datang kapan saja, sebab destinasi wisata ini buka 24 jam. Akan tetapi, waktu paling pas untuk mengunjungi destinasi wisata ini yakni di musim kemarau. Hal ini di karenakan gumpalan awan di Pango-Pango pada jam 05.00 sampai 09.00 pagi akan terbentuk secara sempurna dengan pancaran sunrise yang begitu mempesona. Dan di kalah soreh hari jam 16.00 sampai 17.30 sobat akan di sungguhi pemandangan berupa sunset yang begitu menawan. Di lain sisi akses menuju puncak Pango-Pango tidak licin serta sangat bersahabat.

Rute Menuju Ke Agrowisata Pango-Pango Toraja
Agrowisata Pango-Pango
Ayunan Pango-Pango Toraja (Foto: Poppimonica)
Akses jalan menuju ke Agrowisata pango-Pango Toraja bisa di bilang sudah teraspal dengan baik. Untuk menuju ke sana sobat bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.  Namun, sebelum berkunjung ke sana bagi sobat yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya cek dulu kendaraan yang akan di gunakan. Hal ini di karenakan akses jalan menuju ke sana berliku liku serta menanjak.

Nah kembali ke rute, jika sobat berada di kota Makale dan menjadikannya sebagai titik nol keberangkatan maka bisa mengambil arah ke Jl. Merdeka untuk sampai ke sana. Jarak dari kota Makale ke Pango-Pango yakni sekitar 8 kilometer, dan dapat di tempu sekitar 30 menit perjalanan tanpa henti.

Sedangkan, bagi sobat yang berada di Kota Rantepao maka jarak ke Pango-Pango Toraja yakni sekitar 25 kilometer, dan  dapat di tempu sekitar 1 jam perjalanan. Adapun rute yang dapat sobat lalui yakni ke Kota Makale, lalu langsung menuju ke Pango-Pango Toraja melewati Jl, Merdeka.

Nah, bagi sobat yang tidak memiliki kendaraan pribadi maka jangan berkecil hati, sebab ada banyak kendaraan angkutan umum yang bisa sobat gunakan, seperti ojek pangkalan atau Rental Mobil Toraja.

Harga Tiket Agrowisata Pango-Pango Toraja

Umumnya, harga tiket masuk Agrowisata Pango-Pango Toraja biasanya di bandol sebesar 10.000 per orang, baik itu di waktu kerja maupun waktu libur. Harga tiket ini berlaku baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Fasilitas Yang Ada Di Agrowisata Pango-Pango Toraja
Agrowisata Pango-Pango
Wahana Flying Fox Pango-Pango Toraja (Foto: Kapitaloutdoor)
Sebagai agrowisata unggulan, Pango-pango Toraja sudah di lengkapi dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Di sana sobat akan menemukan wc umum, warung makan, tempat parkir serta gazebo di segala sisi.

Bukan hanya itu, agrowisata ini juga di lengkapi dengan wahana yang cukup menarik dan sayang untuk di lewatkan. Adapun wahana tersebut ialah Flying Fox yang panjangnya sekitar 150 meter. Sensasi meluncur dari ketinggian sampai ke titik paling renda dalam jangka waktu tidak terlalu lama memang sangat megasikkan. Sebagai wahana yang terbilang ektrim, Flying Fox ini di lengkapi dengan fasilitas pengaman cukup lengkap.

Lalu ada juga spot ayunan yang tidak kalah mengasikkan. Spot ayunan ini di ikat pada dua buah pohon pinus. Sensasi berayun di atas ketinggian, lalu di foto tentu sangat menyenangkan. Ayunan ini sangat direcomendasikan bagi sobat yang datang dengan pasangan.

Berikutnya, yaitu Jembatan Gantung yang terletak di tengah-tengah pohon pinus. Jembatan ini di rancang khusus sebagai tempat spot foto kekinian.

Penginapan Di Agrowisata Pango-Pango Toraja
Agrowisata Pango-Pango
Sensasi Camping Di Agrowisata Pango-Pango
Mengeksplor keindahan Pango-Pango Toraja tentu tidak cukup dalam satu hari penuh. Bagi sobat yang ingin tinggal lebih lama di agrowisata ini maka tentu penginapan adalah pilihan yang wajib. Di sini ada banyak penginapan berupa villa yang di tawarkan untuk sobat. Harganya pun relatif terjangkau yakni sekitar 300.000 sampai 500.000 ribu per malam, tergantung jenis villa yang di pilih.

Di sisi lain, bagi sobat yang tidak suka menginap di villa maka bisa menggunakan camping sebagai pelihan kedua. Harganya pun lebih murah daripada harga villa sobat. Tinggal mesan lalu pasang di tempat yang sudah di sediakan.

Pada saat itu ketika saya berkunjung ke agrowisata pango-pango, saya lebih memilih menggunakan camping sobat. Hal ini di karenakan selain harganya murah, kita juga bisa menyasikan kota Makale dari ketinggian pada malam hari di dalam tenda.

Tips Berwisata Ke Pango-Pango Toraja

Bagi yang sudah sering berwisata ke Pango-Pango tentu sudah mengetahui segalah sesuatu yang perluh di perhatikan, bukan? Nah, untuk sobat yang ingin mengunjungi Pango pango Toraja, namun baru pertama kali maka ada baiknya simak dulu tips berwisata ke sana.
  1. Selalu jaga kesehatan
  2. Buanglah sampah pada tempatnya
  3. Jika hendak ke sana di sarankan untuk menggunakan sepatu atau sandal gunung untuk mempermuda sobat mengeksplor destinasi wisata ini.
  4. Jangan lupa untuk selalu membawa pakaian yang tebal berupa jaket, atau lain sebagainya. Hal ini di karenakan udara yang ada di Agrowisata Pango-Pango sangat dingin.
  5. Jangan pernah merusak apa saja yang ada di Agrowisata Pango-Pango Toraja
Nah, demikian pembahasan mengenai destinasi wisata Pango-Pango toraja, semoga artikel ini bermamfaat. Artikel ini kami tulis berdasarkan informasi yang penulis dapatkan ketika berkunjung ke destinasi wisata Pango-Pango toraja. Jika ada perubahan informasi yang sobat ketahui silakan tulis di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Daya Tarik Wisata Pango-Pango Toraja, Lengkap Rute Dan Harga Tiket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel