Wisata Rafting Sungai Telaga Waja Karangasem Bali

WISATAOKY.COM – Rafting atau Arum Jeram adalah salah satu olaraga yang banyak diminanti para pecinta wisata. Hal ini dikarenakan arum jeram memiliki tantangan tersendiri. Dimana seorang harus memiliki keberanian untuk berada di atas perahu ban yang telah disediakan khusus oleh para operator. Keseimbangan menjadi factor yang sangat menentukan keberhasilan dalam olaraga rafting, untuk itu sebelum menaiki perahu para penumpang diberi pengarahan, bagaimana posisi serta gerakan yang harus diambil ketika melewati jeram-jeram sungai yang sangat menantang.

Wisata Rafting Sungai Telaga Waja Karangasem Bali
Wisata Rafting Sungai Telaga Waja Karangasem Bali (Image: balitourdailyexperience) 
Salah satu tempat Rafting yang saat ini sangat popular di kalangan para pecinta Arum Jeram adalah Sungai Telaga Waja di Karangasem. Sungai Telaga Waja berada di timur Bali tepatnya di Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem. Jika sobat menelusuri maka sungai ini bersumber dari Lereng Gunung Abang dan bermuara ke laut di Kabupaten Klungkung dan merupakan sungai kedua terbesar di setelah sungai Ayung.

Lokasi: Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, wilayah Bali Timur
Jam Operasional: 24 Jam
Biaya Tiket Masuk: 

Lokasi Sungai Telaga Waja

Jika sobat melihat google Maps maka Sungai Telaga Waja berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, wilayah Bali Timur. Daerah ini memiliki sekitar 24 derajat Celsius. Untuk menuju ketempat ini bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Wisata Rafting Sungai Telaga Waja Karangasem Bali
Rafting Sungai Telaga Waja Karangasem Bali (Image: tjokordaalit)
Gambaran Sungai Telaga Waja

Sungai Telaga Waja memiliki air sangat jernih dengan pemandangan yang sangat indah. Sungai ini melewati pepohonan yang masih natural serta cuaca yang masih alami. Suhu di daerah ini rata-rata 24 derajat selsius sehingga sangat bagus untuk kegiatan refreshing. Jika sobat berbilur kesini maka wisata yang paling tepat yakni rafting yaitu kegiatan menelusuri sungai menggunakan ban karet. Sobat akan di ajak oleh operator menelusuri arum jeram yang begitu menantang. Pada saat penjelajaan sobat akan dihibur dengan keindahan alam yang masih asri dan tumpukan batuan besar yang berada ditengah-tengah sungai.

Aktifitas Rafting Sungai Telaga Waja Karangasem

Jika sobat ingin melakukan aktifitas Rafting di sungai Telaga Waja perlu sobat ketahui bahwa sungai ini memiliki trek rafting 16 Kilometer dengan perjalanan 2-2,5 Jam. Jadi sebelum sobat melaksanakan kegiatan Rafting sebaiknya memastikan keadaan sehat. Para pecinta Rafting sangat menyukai tempat ini karena waktu tempunya sangat lama dan memiliki air yang sangat deras serta jernih.

Sungai Telaga Waja Bali juga memiliki tantangan yang sangat banyak sehingga diminati para wisatawan. Seperti misalnya air yang deras, turunan yang bisa mencapai 5 meter dengan Kemiringan hingga 50 derajat. Pada saat melintasi sungai, sobat juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Anda bakal dihibur dengan pepohonan yang indah, semak belukar serta persawahan masyarakat yang berpetak-petak. Hal inilah yang menjadikan sungai telaga waja menjadi primadona pecinta rafting. Selain itu, sobat juga dapat menikmati udara segar yang alami bebas dari polusi kendaraan. Hiburan lain yang dapat dinikmati ketika rafting yakni pemandangan gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Bali.

Wisata Rafting Sungai Telaga Waja Karangasem Bali
Aktifitas Rafting Sungai Telaga Waja Karangasem Bali (Image: susi_28aja)
Bahan Yang Harus di Bawa Ketika Melakukan Aktifitas Rafting

Ada pun barang-barang yang harus sobat siapkan ketika melakukan perjalan rafting dinataranya adalah sebagai berikut:

  • Kream Sun Block
  • Baju Renang Yang Bagus
  • Baju Ganti
  • Handuk
  • Plastik untuk baju basah
  • Sandal/sepatu
  • Jeket untuk jaga-jaga cuaca dingin.
Kuliner di Sungai Telaga Waja Bali

Setelah melakukan kegiatan Rafting tentunya perut akan terasa lapar, maka saatnya untuk menikmati makanan. Di finish Rafting Sungai Telaga Waja terdapat restoran yang sudah disediakan dengan makanan menu buffet. Tersedia juga ruangan ganti serta toilet yang bagus untuk para pecinta rafting. 

Tips Berwisata Rafting di Sungai Telaga Waja

Hal yang paling penting diperhatikan ketika sobat berkunjung ke tempat Rafting sungai Telaga Waja adalah keselamatan. Untuk itu, wisataoky.com akan memberikan beberapa tips diantarnya yakni sebagai berikut:

  1. Pastikan sobat dalam keadaan sehat.
  2. Pilih penyedia rafting yang profesional
  3. Ikuti istruksi operator penyedia layanan Rafting.
  4. Gunakan pakaian yang tidak menyimpan air berlebihan agar ketika berenang terasa ringan.
  5. Pastikan sobat menggunakan pelampung dengan benar.
  6. Bawa pakaian ganti dan jeket sebagai bahan ganti karena cuaca disana sangat dingin.

Para penyedia layanan arum jeram atau Rafting merupakan orang-orang yang telah profesional dalam bidangnya, untuk itu, sobat harus mengikuti semua instruksinya. Pada umumnya sebelum melakukan perjalanan rafting, para pemandu memberikan arahan. Seperti misalnya bagaimana posisi duduk ketika di atas perahu karet, cara menyelamatkan diri ketika terjatuh dari perahu, cara mendayung dan cara menyeimbangkan perahu karet.

Perlengkapan yang Diberikan Sebelum Rafting

Para operator sudah menyiapkan berbagai perlengkapan rafting yang wajib digunakan sebelum melakukan perjalan. Seperti misalnya Jeket Pelampung, helem, perahu karet dengan muatan 4 orang peserta 1 pemandu rafting dan 1 buah dayung. Peralatan ini diwajibkan digunakan sesuai instruksi agar selalu dalam keadaan selamat. Karena pada intinya, keberhasilan dalam perjalanan rafting bukan hanya ditentukan oleh pemandu tetapi semua peserta bertanggung jawab dalam keselamatan. Untuk itu lakukan kerja sama dengan baik. Usahakan jaga keseimbangan agar perahu tidak terbalik. Pada intinya ikuti instruksi pemandu, kalau disuruh mendaung lakukan, disuruh berhenti mendayung lakukan, disuruh menunduk segera lakukan.

Penyedia Layanan Rafting Sungai Telaga Waja yang Profesional

Penyedia layanan rafting yang frofesional di Sungai Telaga Waja ada tiga (3) diantaranya yakni:
  1. Bali International Rafting
  2. Alam Rafting Adventure
  3. Sobek Rafting Bali
Wisata Rafting Sungai Telaga Waja Karangasem Bali
Salah Satu Aktifitas Penyedia Layanan Rafting (Image: cassino_adventure)
Ketiganya dipatok dengan harga rafting yakni Rp.350.000,- per orang. Harga ini bisa turun sesuai dengan kesepakatan dengan pihak rafting. O yah sobat perlu diketahui bahwa setiap aktifitas rafting akan di abadikan oleh pihak penyedia layaan yang dapat minta setelah selesai rafting. Foto-foto biasanya sudah dalam keadaan jadi.

Baiklah tema-teman demikian sekilas tentang aktivitas Rafting di Sungai Telaga Waja Karangasem Bali. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar di bawah. Jangan lupa baca juga daftar tempat wisata di Bali pada link di bawah.


Catatan:
  1. Peserta yang boleh ikut hany umur 7-65 Tahun
  2. Makan Siang Dapat dari Pihak Penyedia Layanan Rafting
  3. Terseida Ruangan Ganti dan Toilet
  4. Antar Jemput untuk wilaya Nusa Dua, Tanjung Benoa, Jimbarab, Kuta, Seminyak Denpasar, Ubud, Legian dan Sanur.
  5. Durasi Rafting pada umumnya 7,5 Jam dengan rincian 2-2,5 Jam menjelajah arum jeram, Persiapan 30 Menit dan Mandi, ganti baju serta makan siang 1-1,5 Jam.

0 Response to "Wisata Rafting Sungai Telaga Waja Karangasem Bali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel