Tips Wisata Kota Tua Jakarta, Harga Tiket dan Alamat Lengkap Serta Fasilitas

WISATAOKY -- Hallo sobat, sebelum kita lanjut tahukah anda bahwa kota tua bakal dijadikan sebagai sumber baru pertumbuhan Ekonomi Jakarta. Untuk itu pemerintah DKI Jakarta terus memperbaiki fasilitas serta hiburan yang ada di Kota Tua Jakarta, Oke Lanjut.
Foto Kota Tua Jakarta (Image: caesarmaldini)
Kota Tua Jakarta merupakan sebuah objek wisata dengan monumen peninggalan bersejarah pada zaman penjajahan. Kota tua memiliki luas 1,3 kilometer persegi meliputi Kelurahan Pinangsia Kecamantan Taman Sari Jakarta Barat, Kelurahan Taman Sari Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat, dan Kelurahan Roa Malaka Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Kalau Sobat melihat dari google maps maka lokasinya tepat di Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110. (lihat peta)


Bila sobat ke kota tua akan disambut dengan Banguna  tua peninggalan jaman penjajahan yang masih terpelihara dengan baik. Juga terdapat Museum Wayang dan Museum sejarah perjalanan Kota Jakarta yang semula bernama Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia dan Jakarta. Kota Tua Jakarta juga merupakan  salah satu destnasi wisata yang sangat populer di Jakarta.

Alamat Kota Tua Jakarta

Merujuk pada google maps maka Kota Tua Jakarta tepat berada di Kota Tua Mangga Besar Kec. Taman Sari Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jika sobat berada di Monas (Monumen Nasional) maka dapat ditempuh sekitar 15 menit sampai 17 menit dengan rute perjalanan Ke arah barat laut di Jl. Medan Merdeka Utara menuju Jl. Silang Monas Timur Laut, Terus ke Jl. Majapahit, Ambil Jl. Gajah Mada ke Jl. Labu di Jakarta Barat, Ikuti Jl. Labu dan Jl. Mangga Besar I ke Jl. Buni maka anda akan sampai di Kota Tua Jakarta (Mangga Besar Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Baca: Alamat dan Harga Tiket (Ticket Price) Masuk Taman Mini Indonesia Indah

Selain Jalur di atas sobat juga dapat melewati rute Jl. Medan Merdeka Utara ke Jl. Majapahit dengan jalur Ke arah barat laut di Jl. Medan Merdeka Utara menuju Jl. Silang Monas Timur Laut, Ambil Jl. Ir. H. Juanda ke Jl. Pecenongan di Kebon Kelapa, Ambil Jl. Taman Sari ke Jl. Raya Mangga Besar di Jakarta Barat, Ambil Jl. Mangga Besar V ke Jl. Buni maka sobat akan sampai di Kota Tua. Jika sobat masih bingung dengan rute di atas maka dapat menggunakan google maps agar lebih jelas.

Selain akses jalan yang telah disebutkan di atas, sobat juga dapat mendatangi kota Tua Jakarta menggunakan KRL dengan tujuan Stasiun Kota Jakarta. Bila sobat menggunakan Bus Transjakarta maka turunnya di Halte Kota Jakarta.

Pintu Masuk Kota Tua Jakarta: Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Harga Tiket Wisata Kota Tua Jakarta

Harga tiket masuk kota tua Jakarta gratis. Tiket ini berlaku hanya untuk beberapa tempat di kota tua seperti misalnya berfoto di depan museum peninggalan sejarah yang telah berdiri sejak tahun 1770. Mungkin dari teman-teman ada yang bertanya ko bisa gratis, lalu dari mana pendapatan negara kalau gratis? Yah, Wisata Kota Tua Jakarta berbeda dengan tempat wisata lainnya yang pada umumnya untuk tiket pintu masuk selalu berbayar. Di Kota Tua Jakarta, tiket pintu masuk kawasan gratis selama 24 jam. Tetapi jika sobat ingin menikmati wisata tambahan makan disutu sobat bakal dikenakan biaya seperti misalnya masuk ke museum peninggalan sejarah, naik sepeda, membeli minuman, masuk kafe dalan lain sebagainya. Berikut wisataoky.com akan bahas Harga tiket di Kota Tua Jakarta:
  1. Tiket Pintu Masuk Kawasan Kota Tua Jakarta Gratis 24 Jam
  2. Sewa Sepeda Ontel Kota Tua dibanderol dengan harga Rp 20.000 untuk 30 menit plus 2 buah Topi.
  3. Minuman seperti nutrisari, dan sejenisnya dipatok dengan harga 5000 rupiah.
  4. Tiket masuk Wc Umum harga Rp 3000 per orang
  5. Tiket Parkir Motor di Kota Tua jakarta Rp 10.000 sampai 20.000
  6. Harga Tiket Museum Magic Art 3D : untuk hari kerja yaitu Senin - Jumat Rp 60.000 untuk orang dewasa dan Rp 40.000 untuk para pelajar. Dan pada hari Sabtu – Minggu (tanggal merah) Rp 80.000 untuk orang dewasa dan Rp 60.000 untuk pelajar.
  7. Harga Tiket Masuk Museum Fatahillah Rp 2.000 Rupiah (Jam Operasional pukul 09.00-15.00).
    Tips Wisata Kota Tua Jakarta, Harga Tiket dan Alamat Lengkap Serta Fasilitas
    Museum Fatahillah (Image: @reny rainyra)
  8. Harga Tiket Pelabuhan Sunda Rp 2.500 Rupiah (buka 24 jam).
  9. Harga Tiket Masuk Museum Bank Indonesia Gratis (jam operasional Selasa-jumat pukul 08.30-14.30 dan Hari Sabtu-Minggu pukul 09.00-16.00).
  10. Harga Tiket Masuk Museum Seni Rupa dan Keramik Rp 2.000 (Dewasa) dan Rp 1.000 (pelajar) dengan jam operasional pukul 09.00-15.00 (Selasa-Minggu).
  11. Harga Tiket Masuk Museum Sejarah Jakarta Selasa- Minggu dengan jam operasional pukul 09.00 – 15.00 WIB yakni Dewasa Rp 5.000, anak-anak Rp 2.000, Rombongan Dewasa lebih dariu 30 orang Rp 3.750, Rombongan Mahasiswa lebih dari 30 orang Rp. 2.250, Rombongan anak lebih dari 30 orang Rp.1.500 (per orang).
Sejarah Singkat Kota Tua Jakarta

Membahas soal sejarah kota tua Jakarta, tidak lepas dari sejarah kerajaan sunda yang ada pada  pertengahan abad ke-20. Berdasarkan catatan sejarah kerajaan ini memiliki dua pelabuhan besar yakni di Banten dan Pelabuhan sunda kelapa. Tahun 1526 pelabuhan sunda kelapa diserang oleh tentara Demak atas pimpinan Fatahillah. Tahun 1527 terjadi perubahan nama Pelabuhan Sunda kelapa menjadi Jayakarta. Tahun 1619, Jayakarta kembali diserang VOC Belanda. Tahun 1620 Jayakarta mengalami keruntuhan, akhirnya Belanda membangun kota baru yang diberi nama Batavia yang resmi selesai pada tahun 1650. Tahun 1942 Batavia berubah nama menjadi Jakarta setelah kekuasaan Jepang.

Fasilitas Wisata Kota Tua Jakarta

Dikota Tua Jakarta ada banyak fasilitas yang dapat dinikmati mulai dari yang gratisan hingga berbayar. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan Wisata Kota Tua Jakarta:
  1. Sepeda Ontel miliki pemerintah yang dapat disewah dengan harga 20 ribu dengan waktu 30 menit.
  2. Berbagai karakter manusia hasil para seniman yang bisa di ajak berfoto dengan bayaran murah  alias seiklasnya saja. Biasa hasil karya seniman berupa robot, dan karakter pahlawan tanah air.
  3. Museum Sejarah Jakarta yang berisi ilmu pengetahuan tentang sejarah perjalanan panjang Jakarta pada masa lampau. Selain itu juga digunakan sebagai tempat penyimpanan dan perawatan koleksi sejarah Jakarta. Di dalam museum juga terdapat replika peninggalan kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran. Para pengunjung dapat melihat benda hasil penggalian arkeologi di Jakarta. Selain itu, ada pula gerabah, keramik, dan batu prasasti peninggalan dari zaman prasejarah.
  4. Di kota tua juga terdapat koleksi kebudayaan Betawi seperti koin bahkan becak. Bagi teman-teman yang ingin melihat koleksi tersebut dapat mengunjungi Museum Sejarah Jakarta. Disana terdapat 6 ruangan khusus buat koleksi kebudayaan Betawi.
  5. Dikota Tua Jakarta juga biasanya diramaikan dengan pertunjukan boneka tali yang dimainkan menggunakan tali dan bergerak mengikuti irama musik oleh seorang seniman tua yang ada di pelataran museum. Pada umumnya pertunjukan dilakukan menjelang sore hingga malam hari. Pertunjukan bakal ramia disaksikan para pengunjung baik dalam negeri maupun luar negeri.
  6. Berbagai macam makanan yang dijual desekitar museum, para penjual umumnya menyediakan tempat lesehan berupa terpal.
  7. Buku bacaan yang dapat dinikmati di Museum Sejarah Jakarta. Tercatat sebanyak 1.200 judul buku yang disediakan disana. 
  8. Ruangan dengan nama Sinema Fatahillah untuk menampilkan film dokumenter pada zaman Batavia.
  9. Kantin Museum dengan sajian kuliner khas Betawi.
  10. Ruang pertemuan dan pameran di Museum Sejarah Jakarta dengan daya tampung 150 orang untuk bermacam kegiatan.
  11. Beberapa Museum seperti museum Fatahillah, pelabuhan Sunda Kelapa, museum Bank Indonesia, museum Seni Rupa dan Keramik, dan Toko Merah.
Kesimpulan yang akan sobat peroleh ketika berkunjung ke Kota Tua Jakarta adalah info mengenai sejarah Kota Jakarta. Seperti misalnya Museum Fatahillah yang pernah menjadi Balaikota Jakarta, sejarah bahwa Kota Tua pernah menjadi pusat pemerintahan kota Batavia alias Belanda.

Kuliner Kota Tua Jakarta

Berbicara soal makanan, maka setiap tempat wisata pasti memiliki banyak kuliner daerah. Sama hanya dengan Kota Tua Jakarta, sobat akan menjumpai berbagai kuliner betawi, disana sangat banyak makanan yang dapat sobat jumpai seperti misalnya Sayur Babanci, nasi uduk, Pecel, Selendang Mayang, dan masih banyak lainnya. Selain itu, ada juga makanan seperti food market Thailand, Cape, pedagang kaki lima, streetfood, makanan KFC, dan berbagai jenis minuman.

Kelebihan Wisata Kota Tua Jakarta

Kelebihan kota Tua Jakarta sangat banyak seperti misalnya pada malam hari seperti malam minggu atau hari libur selalu  disediakan panggung live musik band lokal yg menambah meriah suasana. Sobat yang ingin belajar sejarah tanah air, maka dapat juga mendatangi kota tua Jakarta. Sebab disini terdapat berbagai peninggalan sejarah NKRI. Anda dapat bersantai bersama teman, sahabat, keluarga dan orang-orang yang tersayang. Tempat yang sangat luas membuat kota Tua Jakarta sangat nyaman buat olahraga seperti naik sepeda, jalan kaki dan lari santai.

Baca: 10 Fakta Penyebab Monas Paling Diburu Para Wisatawan

Memiliki banyak wisata edukasi di museum, wisata kuliner, dan berburu spot untuk swafoto. Tempat foto-foto dengan background bangunan zaman kolonial. Bahkan sangat layak untuk dijadikan sebagai tempat prewedding. Disekitar bangunan dengan gaya ala eropa ini, sobat dapat menjumpai berbagai oleh-oleh khas Jakarta.

8 Spot Foto Terbaik di Kota Tua Jakarta

1. Museum Fatahilla

Museum Fatahillah pada umumnya dikenal dengan nama Museum Batavia hal ini dikarenakan pada saat penjajahan VOC namanya yakni Batavia. Museum ini pernah dijadikan sebagai penjarah bawah tanah, ruangan pengadilan dan Balai Kota.\
  • Alamat Museum Fatahillah: Jl. Taman Fatahillah No. 1 Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat DKI Jakarta 11110
  • Harga Tiket: Pelajar dan anak-anak (2.000 per orang), Mahasiswa (3.000 per orang), Dewasa (5.000 per orang).
  • Jam Operasional: 09.00-15.00 setiap hari.
2. Museum Bank Indonesia 

Museum BI sudah ada sejak tahun 1828 dan merupakan peninggalan De Javasche Bank. Disini sobat dapat menjumpai berbagai macam uang kuno dan sejarah perjalanan perbankan di Negara NKRI.
  • Alamat Museum Bank Indonesia: Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Pinangsia, Tamansari Jakarta Barat
  • Harga Tiket Masuk: 5.000 per orang (untuk rombongan yang telah terdaftar seperti pelajar, mahasiswa dan anak-anak dibawah 3 tahun Gratis).
  • Jam Operasional: Selasa- Jumat pukul 08.00-15.30 dan hari sabtu-minggu pukul 08.00-16.00. 
3. Stasiun Jakarta Kota (Stasiun Kereta Api Kota) 

Stasiun Jakarta Kota merupakan satu-satunya tujuan ketika sobat ingin ke kota tua jakarta. Stasiun ini berada di kota Tua dan menurut catatan sejarah bangunan ini berdiri sejak tahun 1929. Dari sisi bangunannya terlihat lebih antik karena masih menggunakan desaing tempo dulu.
  • Alamat Stasiun Jakarta Kota: Jalan Lada, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.
  • Harga Tiket Masuk: -
  • Jam Operasional: Setiap Hari 24 Jam.
4. Pelabuhan Sunda Kelapa (parkir mobil 4.000 rupiah) 
Tips Wisata Kota Tua Jakarta, Harga Tiket dan Alamat Lengkap Serta Fasilitas
Pelabuhan Sunda kelapa (Image: @sigit)

Merupakan pelabuhan yang menghubungkan negara Indonesia dengan asing pada zaman dahulu, namun pada abad ke 5 dijadikan sebagai pelabuhan pusat perdagangan. Disini sobat dapat menikmati kegiatan kapal angkut perdagangan Indonesia (Kapal Pinishi).
  • Alamat Pelabuhan Sunda Kelapa: Jl.Maritim No.8 Sunda Kelap Jakarta Utara 14430
  • Harga Tiket Masuk: 2.500 per orang.
  • Jam Operasional: 24 Jam setiap hari.
5. Museum Wayang 

Museum Wayang adalah tempat sobat dapat menjumpai berbagai macam koleksi wayang asli Indonesia dari berbagai daerah. Selain Itu sobat juga dapat menjumpai wayang-wayang dari negara lain  seperti Thailand, Kamboja, Tiongkok, hingga Suriname. Dari catatan museum ini dibangun pada tahun 1640 dengan nama pertama Hollandsche. pada minggu ke-2 dan ke-3, biasanya terdapat gelaran wayang.
  • Alamat Museum Wayang: Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.
  • Harga Tiket Masuk: 
  • Jam Operasional: Hari Selasa- Minggu Pukul 09.00–16.30.
6. Museum Bahari 

Museum Bahari terletak diseberang Pelabuhan Sunda Kelapa. Museum ini menyimpan berbagai jenis kapal laut, perahu, biota laut hingga data penyebaran ikan-ikan yang ada di lautan Indonesia.
  • Alamat Museum Bahari Jakarta: Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
  • Harga Tiket Masuk: -
  • Jam Operasional: Hari Selasa- Minggu Pukul 08.00-16.00
7. Museum Seni Rupa dan Keramik 

Museum Seni Rupa dan Keramik merupakan gudangnya lukisan. Disini sobat dapat menjumpai berbagai jenis lukisan dan keramik dari berbagai penjuruh seperti Indonesia Eropa, Asia danlainya. Tercatat museum ini menyimpan 350 lukisan dan 1.350 jenis keramik.
  • Alamat Museum Seni Rupa dan Keramik: Jl. Pos Kota Jakarta Barat.
  • Harga Tiket Masuk: Veteran dan lansia (Gratis), Pelajar dan anak-anak (2.000 Per Orang), Mahasiswa (3.000 Per orang), Dewasa (5.000 per orang).
  • Jam Operasional: Hari Selasa-Minggu pukul 08.00-15.00.
8. Toko Merah 
Tips Wisata Kota Tua Jakarta, Harga Tiket dan Alamat Lengkap Serta Fasilitas
Toko Merah Kota Tua Jakarta (Image: @idarahmawati2610)

Toko Merah terletak di Jl. Kali Besar Barat No. 11, Pinang Siang, Tambora Jakarta Barat. Bangunan ini memiliki cat berwana merah sesuai dengan namanya. Menurut catatan sejarah,  Toko Merah dibangun tahun 1730 oleh Gustaaf Willem Baron van Imhoff. Bangunan ini di desaign dengan megah, nyaman dan besar sehingga pemilik dapat bersantai. Jaman penjajahan Jepang Gedung dijadikan sebagai Dinas Kesehatan Tentara Jepang. Selanjutnya tahun 1964 menjadi milik PT Satya Niaga. Tahun 1977 berpindah tangan ke PT Dharma Niaga dan tahun 1990-an Toko Merak dijadikan Bangunan Cagar Budaya dan sekarang sudah menjadi tempat konferensi dan pameran. Bagi teman-teman yang hendak kesini harus tahu bahwa toko ini buka pukul .09.00 – 16.30 WIB setiap hari dengan harga karcis Rp. 10.000 per orang.
  • Alamat Toko Merah: Jl. Kali Besar Barat No. 11, Pinang Siang, Tambora Jakarta Barat.
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000 per orang.
  • Jam Operasional: pukul .09.00 – 16.30 WIB setiap hari.
Tips Wisata Kota Tua Jakarta
  1. Datang pada pagi hari atau sore hari karena pada siang hari suasana sangat panas oleh teriknya matahari. Tetapi jika sobat ingin menikmati pemandangan isi berbagai museum maka bisa datang pada siang hari karena jam buka museum terbatas. Kalau aku sih enaknya berkunjung ke kota tua pada malam hari karena banyak hiburan malam.
  2. Bagi teman-teman yang ingin datang pada pagi hari sebaikya datang lebih cepat biar dapat parkir yang lebih dekat.
  3. Jangan Parkir Sembarang karena biasanya ada oknum yang memasang harga Rp. 20.000 tanpa kertas parkir.
  4. Jangan terlalu banyak minum air putih karena biaya toilet dipatok dengan harga 3.000 jadi lumayankan kalau berkali-kali.
  5. Yang suka nongkrong sebaiknya pilih tempat yang tepat karena banyak pengamen dan kalau tidak dikasih duit suka malak alias marah-marah, dan kalau dikasih nanti temannya datang lagi.
  6. Sobat yang ingin pemandangan yang enak tanpa gangguan, datanglah pada hari kerja karena jumlah pengunjung kurang. Jadi sobat dapat mengabadikan foto-foto terbaik tanpa ada penampakan.
  7. Tetap waspada dengan barang bawaan, barang berharga seperti emas usahakan jangan dibawa karena tau sendiri kalau tempat ramai tentunya banyak tangan nakal.
  8. Bawa jeket atau baju lengan panjangan, usahakan tidak memakai pakaian warna hitam karena cuaca panas.
  9. Bila sobat datang akhir pekan, usahakan supaya lebih pagi agar bisa mengabadikan foto, karena pengunjung masih tidak telalu ramai dibandingkan pada siang hari.
Catatan:
  • Stasiun terdekat dengan kota tua yakni stasiun jakarta kota dapat ditempuh 10 menit berjalan kaki udah sampai di kotu. 
  • Cafe yang dekat dengan Kota Tua jakarta adalah Cafe Batavia.
Rute Jalan Ke Kota Tua Jakarta

Teman-teman yang hendak berwisata ke kota tua bisa menempu jalan menggunakan KRLjurusan Kota lalu turun di Stasiun Kota. Keluar dari stasiun bisa jalan kaki 10 menit atau sekitar 50 meter ke arah Kota Tua. Jika menggunakan Bus Transjakarta, sobat bisa naik Transjakarta jurusan Kota Tua kemudian langsung turun di halte Kota. Turun tinggal jalan untuk mengelilingi kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Bila sobat mengambil arah Pulo Gadung, bisa naik Mikrolet 53 jurusan Pulo Gadung tujuan Kota lalu turun di Kota Tua.

Spot Foto Instagramable Terbaru di Kota Tua Jakarta

Tips Wisata Kota Tua Jakarta, Harga Tiket dan Alamat Lengkap Serta Fasilitas
Image: @richie Kevin

Jembatan Terapung di Kali Besar, Kota Tua Jakarta Barat diresmikan pada hari jumat tanggal 07 Juli 2018. Jembatan ini dilengkapi dengan adanya taman apung yang sangat indah sehingga dapat menarik parawisatawan.

Oke sobat demikian sekilas tentang wisata kota tua jakarta semoga artikel ini bisa membantu. Jika ada kesalahan atau hal yang perlu ditambahin, maka bisa memberitahu wisataoky.com melalui kolom komentar dibawah. terimah kasih.


0 Response to "Tips Wisata Kota Tua Jakarta, Harga Tiket dan Alamat Lengkap Serta Fasilitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel