5 Air Terjun di Mamasa yang Wajib Anda Kunjungi, Ini Lokasi dan Keindahan Alamnya

WISATAOKY.com -- Sebagai destinasi wisata Sulawesi Barat, tentunya Kabupaten Mamasa memiliki beribu tempat wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata adat Mamasa, flora dan fauna, wisata goa, hingga air terjun. 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh wisataoky.com, ada beberapa daftar wisata air Terjun yang paling diminati dan populer di Mamasa. Berikut 5 air terjun yang wajib anda kunjungi di Mamasa.

1. Air Terjun Liawan

Air terjun Liawan atau lebih dikenal masyarakat setempat dengan nama Sarambu Liawan terletal di Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa. Air terjun ini terdiri dari tujuh tingkat dengan ketinggian mencapai 350 meter. Yang menjadi daya tarik air terjun Liawan yakni airnya yang sangat jerni, muda dijangkau dengan kendaraan serta udara ditempat ini masih sangat sejuk. Selain itu, juga dipercaya dapat membuat wajah menjadi awet mudah.

Untuk akses menuju ke Sarambu Liawan, sobat bakal melewati jalan poros Mamasa, setelah itu melewati jalan setapak dan persawahan. Dari situ akan terlihat Sarambu Liawan. Bagi sobat yang datang dari jauh tidak perlu kwatir karena di Sarambu Liawan sudah tersedia banyak fasilitas seperti penginapan dan lainnya.

Baca: Sarambu Liawan, Air Terjun 7 Tingkat di Mamasa

Air Terjun Liawan Sumarorong, Mamasa, Sulbar (image: riofebrian10)
2. Air Terjun Sarambu Malute

Malute Falls (Sarambu Malute) terletak di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, tepatnya di puncak Gunung Sarambu Malute, Desa Sarambu Mamasa, Sulawesi Barat. Air Terjun Malute, atau bahasa sekitar menyebut Sarambu Malute menyajikan Keindahan air terjun diantara pepohonan yang menjadi destinasi favorit wisatawan sekitar. Tak sedikit pula wisatawan yang datang dari luar Mamasa pernah menikmati sensasi serta kealamian air terjun tersebut.

Sarambu Malute terdiri dari 8 tingkat dengan air yang sangat jernih serta dikelilingi oleh pepohonan berwarna hijauh. Hal ini membuat Sarambu Malute menjadi incaran para wisatawan. Sarambu Malute terletak sekiar 10 kilometer dari kota Mamasa. Untuk menuju kesana, sobat tidak perlu kwatir karena sudah bisa diakses menggunakan roda empat maupun roda dua.

Kelemahan dari Sarambu Malute yakni belum dikelola pemerintah secara serius sehingga tidak ada fasilitas memadai disana seperti toilet, kamar mandi, rest area, tempat bersantai dan lain sebagainya.

Sarambu Malute (Image;wonderfulmamasas)
3. Air Terjun Sambabo

Air Terjun Sambabo terletak di Desa Ulumambi, Kecamatan Bambang, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Air terjun ini diburuh parah wisatawan karena memiliki keindahan yang luar biasa. Dan bahkan di klaim menyaingi keindahan air terjun Niagara, yaitu sebuah air terjun nomor satu di dunia yang berlokasi di Amerika Serikat. Air terjun ini berada sekitar 10 kilometer dari kota Mamasa. Keindahan air jernih yang mengalir dari ketinggian sekitar 400 meter membuat air terjun Sambalo semakin mempesona.

Kelemahan dari wisata Sambabo yakni akses jalan yang sangat minim, sebab belum dikelola secara profesional oleh pemerintah setempat. Jika sobat kesana akan melewati jembatan bambu serta naik turun gunung. Sobat bakal mendaki lembah sekitar 500 meter, melewati kebun kopi dan kakao. Tetapi sobat tidak perlu kwatir karena letih sobat bakal terbayar dengan keindahan Air Terjun Sambabo. Pertama kali sobat bakal disambut dengan pemandangan air terjun yang jatuh dari selah batu-batu besar dihiasi dengan pepohonan hijauh yang sangat alami. Sesekali akan disambut suara burung serta gemuruh derasnya air terjun. Suasana yang dingin dari hembusan air terjun akan semakin menamba suasana kesejukan daerah setempa. Dijamin deh sobat bakal ketagihan jika kesini.

Air Terjun Sambabo (Image;wonderfulmamasas)

4. Air Terjun Sarambu Sollokan

Air terjun Sollokan atau dalam bahasa Toraja lebih dikenal dengan nama Sarambu Sollokan berada di desa Malimbong, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa. Sarambu Sollokan merupakan salah satu air terjun di kabupaten Mamasa yang sangat tinggi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa saking tingginya pada musim kemarau air yang mengalir dari Sarambu Sollokan tidak sampai ke bawah. Dalam airyian bahwa airnya hilang ditengah karena kencangnya angin. Untuk menuju ke sarambu Sollokan sobat dapat naik kendaraan roda dua maupun empat dari Kecamatan Messawa menuju desa Malimbong. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer.

Baca: Sarambu Sollokan, Wisata Air Terjun di Messawa yang Sangat Indah

Sarambu Sollokan, Messawa

5. Air terjun Mambulilling

Air terjun Mambulilling teletak di bawah kaki gunung Mambulilling tepatnya di Desa Mambulilling, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat. Air terjun Mambulilling berjarak 7 kilometer dari Kota Mamasa. Suasana di sekitar Masih sangat alami. Aliran airnya masih sangat jernih ditambah lagi sekeliling air terjun tumbuh pohon-pohon besar yang menjulang tinggi. Pada bagian bebatuan air terjun tumbuh lumut-lumut yang belum tersentuh manusia sama sekali. Dijamin deh kalau sobat kesini bakal betah. Kelemahan dari air Terjun ini yakni tidak ada fasilitas umum, jadi bila sobat kesini sebagaiknya siapkan alat kemping dan logistik lainnya.

Air Terjun Mambulilling, Mamasa
Nah itulah 5 air terjun yang wajib sobat kunjungi di Mamasa. Dijamin deh sobat bakal gak nyesal. Hanya saja, sobat harus siap menghadapi tantangan, karena akses jalan kesana masih sangat minim dan susah dijangkau kendaraan roda dua maupun empat. Jadi Sobat harus berjalan minimal 1 kilometer dari lokasi. 

0 Response to "5 Air Terjun di Mamasa yang Wajib Anda Kunjungi, Ini Lokasi dan Keindahan Alamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel