Wisata Oky

Wisata Terpopuler

10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Wisata Negeri di Atas Awan di Mamasa

WISATAOKY - Siapa yang tidak kenal dengan Mamasa, sebuah kabupaten yang terletak di Sulawesi Barat. Daerah ini di diami oleh masyarakat suku Toraja, sehingga tak heran jika Mamasa dikenal juga dengan nama Toraja Barat.

Jika sobat hendak berkunjung ke Mamasa, maka akan menemukan rumah adat Passura yang sangat mirip dengan Tongkonan (rumah adat Toraja). Hanya saja yang membedakan bentuk rumah adat Mamasa cenderung meluas di depannya.

Mamasa juga sangat terkenal dengan keindahan alamnya, salah satunya yakni Negeri di Atas Awan. Tempat ini terletak di puncak Gunung Tanduk Kalua. Tepatnya di perbatasan Tanduk Kalua dan Kecamatan Balla.

Negeri Diatas Awan Mamasa
Puncak Liarra Pada Pagi Hari

Dalam kalangan masyarakat pecinta alam di Mamasa, Negeri Di Atas Awan lebih dikenal dengan nama "Buntu Liarra". Tempat ini memang tergolong baru, namun mampu menarik para wisatawan baik dari luar mau pun dalam negeri.

Dari pantauan Wisataoky.com saat ikut traveling ketempat ini terdapat ratusan pengunjung yang berasal dari berbagai daerah mendatangi tempat ini. Untuk menikmati keindahan alam, mereka mendirikan tenda-tenda serta membuat tempat duduk dari kayu.

Dari hasil wawancara, para wisatawan yang datang ketempat ini berasal dari daerah Polewali, Makassar, Toraja dan lainnya. Mereka bahkan rela bermalam, hingga berhari-hari. Hanya saja yang menjadi kendala adalah sulitnya untuk mendapat kebutuhan. Untuk itu pada bahasan ini kami akan memberikan 10 hal yang perlu anda ketahui saat berkunjung ke Negeri di Atas Awan di Mamasa ini. Berikut ulasanya.

1. Komsumsi

Karena Negeri Di Atas Awan ini jauh dari Kota Mamasa. Maka hendaknya Sobat mempersiapkan komsumsi yang cukup. Sebab untuk menjangkau puncak gunung sobat akan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalan. Jadi kami sarankan untuk membawa makanan yang bisa dimakan hingga 2 hari. Kalau perlu anda membawa beras.

2. Pakaian

Rata-rata yang berkunjung ke tempat ini. Memakan waktu 1 sampai 2 hari untuk mendapatkan eksotis keindahan alam yang memuaskan yang di sajikan Negeri di Atas Awan. Jadi kami sarankan sobat membawa Baju, jaket, celana panjang untuk persiapan 2 sampai 3 pasang. Hal lain yang perlu sobat bawa yakni sarung atau selimut, karena di puncak Gunung Liarra cuacanya sangat dingin apalagi saat mata hari mau terbit.

3. Tenda

Sobat yang ingin berunjung ke tempat ini dengan tenggang waktu 2 hari sebaiknya membawa tenda. Karena di tempat ini tidak ada rumah apalagi hotel atau vila penginapan. Jadi kami sarankan untuk membawa fasilitas memadai. Jangan lupa juga untuk membawa payung atau jas hujan untuk menghindari cuaca buruk.

4. Minuman

Karena cuacanya yang dingin, tentunya sobat perlu minuman hangat. Untuk itu kami sarankan sobat membawa kopi atau minuman lainnya. Jangan lupa juga membawa panci, termos dan cangkir atau gelas. Karena di buntu liarra ini tidak ada fasilitas sama sekali.

5. Sepatu atau Sandal

Untuk mencapai puncak gunung Liarra atau Negeri di Atas Awan di Mamasa. Sobat akan berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam. Untuk itu sebaiknya menggunakan sandal gunung atau sepatu yang tahan air. Tujuannya untuk menghindari kecelakaan, mengingat akses ketempat ini masih sulit dan tidak bisa dilewati kendaraan.

6. Korek Api

Kore merupakan hal yang kecil, namun manfaatnya sangat besar. Karena akan menemani sobat di saat perkempingan di negeri di Atas Awan Mamasa. Beberapa dari pengunjung yang kami dapatkan lupa membawa kore, sehingga memili untuk meminta keteman. Untung baik kalau sobat orangnya tidak pemalu, tetapi jika pemalu akan menjadi masalah besar. Jadi kami sarankan jangan sampai sobat lupa membawa benda kecil ini.

7. Kamera

Salah satu yang tidak boleh sobat lupa saat bekunjung ke Buntu Liarra adalah membawa kamera yang bagus. Karena sobat akan mengabadikan setiap hal yang terjadi di tempat ini. Jika tidak sobat bakal menyesal seumur hidup. Sebab di Negeri Atas Awan Mamasa menawarkan sejutah keindahan, mulai dari keindahan awan, pepohonan yang rindang, jejeran gunung yang diselimuti kabut, gumpalan-gumpalan awan, keindahan perumahan masyarakat dari ketinggian, dan berbagai keindahan lainnya. Selain itu, sobat juga bisa mengabadikan berbagai tumbuhan langka saat berjalan menuju ke Puncak Buntu Liarra.

8. Waktu Tepat Menikmati Pemandangan

Sebagai pengunjung yang baru, tentu sobat ingin mengetahui waktu yang tepat untuk menikmati keindahan alam di Gunung Liarra. Berdasarkan pengalaman wisataoky.com saat traveling ke negeri di atas awan ini, waktu yang tepat untuk menikmati keindahan alam yakni pukul 06.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB pagi. Sedangkan untuk sore hari dapat menikmati gelombang kabut mulai dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Tapi, jangan kwatir walaupun sobat tidak dapat menikmati keindahan kabut selama seharian suntuk, akan ada keindahan lain yang dapat menghibur sobat. Dibawah kaki gunung liarra terdapat air terjun yang sobat dapat kunjungi dan sobat juga dapat menjelajah hutan untuk menikmati beragam tumbuhan langkah yang ada di gunung ini.

9. Buntu Liarra Lebih Indah dibandingkan Lolai

Nah yang tak kalah menarik yang membuat sobat langsung terjun ke tempat ini adalah adanya klaim bahwa Buntu Liarra lebih indah dibandingkan Lolai yaitu negeri diatas awan Toraja. Hal ini diakui oleh salah satu pengunjung yakni Zair Zaky kepada fajar. Menurut pria yang sudah dua kali ke lolai itu, Negeri Diatas Awan Mamasa jauh lebih indah Dibandingkan Lolai negeri atas awan Toraja. Menurut pria asal Polewali Mandar itu, pemandangan ditawarkan Buntu Liarra jauh lebih memuaskan. Di lolai kita hanya menikmati keindahan hanya 3 jam sedangkan di buntu liarra 5 jam pada pagi hari. 

10. Mamasa Destinasi Wisata Sulbar

Yang terakhir perlu sobat ketahui bahwa Mamasa adalah kota Destinasi Wisata Sulawesi Barat. Hal ini ditetapkan dalam keputusan Gubernur Sulbar No. 15 Tahun 2008. Jadi jika sobat berkunjung ketempat ini, itu artinya sobat sudah menjadi membantu pemerintah mengembangkan pariwisata sulbar. Apalagi jika foto- foto di Buntu Liarra sobat share ke media sosial.

Nah demikian informasi ini semoga bermanfaat. Sobat tertarik berkunjung ke tempat ini? Sekedar catatan bahwa Negeri di Atas Awan Mamasa terletak di  Gunung Liarra, Desa Talimbung, Kecamatan Tanduk Kalua, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Jika dari Makassar dapat ditempuh sekitar 12 jam menggunakan roda empat.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Wisata Negeri di Atas Awan di Mamasa"

 
Copyright © 2019 Wisata Oky - Caratuo - By Templates
Template By Wisata Oky