Syarat dan Cara Pembuatan SKCK di Polres Mamasa

WISATAOKY.COM - “Apa Kareba” adalah kata yang pertama kali saya dengar ketika menginjakan kaki di Mamasa, Sulawesi Barat. Mamasa merupakan sebuah kabupaten yang terletak di sebelah Barat Tana Toraja. Menurut cerita dari teman, Mamasa merupakan bagian dari Toraja. Sehingga tak heran jika Mamasa juga dikenal dengan nama Toraja Mamasa.

Loket Penyerahab Berkas di Polres Mamasa

Perjalanan ke Mamasa dapat ditempu selama kurang lebih 8 jam dari Kota Makassar dengan mengendarai mobil. Sekitar pukul 07.00 pagi kami tiba di Messawa, rumah orang tua sahabatku. Messawa merupakan perbatasan antara Polewali dan Mamasa. Dari Messawa ke kota Mamasa memiliki jarak kurang lebih 50 Kilometer.

Setelah menginap selama 1 malam dengan cuaca yang sangat dinging. Kami kemudian melanjutkan perjalanan ke Sumarorong. Hari ini kami akan mengurus Surat Keterangan Catatan Kriminal atau SKCK. Sesampainya di Polsek Sumarorong, kami kemudian bertemu dengan salah satu staf Polsek Sumarorong untuk menanyakan persyaratan pembuatan SKCK. Dari keterangan Beliau kami mendapatkan penjelasan bahwa:

Syarat Pembuatan Rekomendasi Catatan Kriminal (RCK) di POLSEK

  1. Harus mengambil Keterangan dari Desa atau Lura.

  2. Membawa Foto Kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

  3. Membawa Foto Kopi Kartu Keluarga (KK)

Catatan: Ketiga POINT atau Syarat diatas dibawa ke Polsek untuk mengurus Surat Rekomendasi Catatan Kriminal (RCK). Karena syarat utama untuk mengurus SKCK adalal memiliki RCK dari Polsek.

Setelah mendapatkan RCK dari Polsek, kami kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Mamasa. Kali ini kami akan menuju ke Polres Mamasa untuk mengurus SKCK. Namun sebelum anda berangkat ke Mamasa sebaiknya anda tahu terlebih dahulu apa saja persyaratan yang harus di bawa untuk mengurus SKCK. Berikut Syarat-Syaratnya:

Polsek Sumarorong

Syarat Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) di POLRES Mamasa.

1.    Membawa Surat Rekomendasi Catatan Kriminal atau RCK dari POLSEK.

2.    Membawa Foto Kopi KTP

3.    Membawa Foto Kopi KK

4.    Membawa Foto Copi Ijazah Terakhir

5.    Membawa Foto 4X6 = 4 Lembar, Latar Merah

6.    Membawa Foto 3X4 = 2 Lembar, Latar Merah

Catatan: Sebaiknya Membawa Foto Lebih dari Pada anda Bolak Balik.

Langkah- Langkah Membuat SKCK di POLRES MAMASA

1.    Datang Ke Loket pembuatan SKCK di Polres Mamasa

2.    Minta Formulir dan Isi Biodata Sesuai dengan KTP

3.    Setelah itu, Lakukan Perekaman Sidik Jari, Jangan Lupa Membawa Foto Kopi KTP dan Foto 3X4 Latar Merah ke Ruangan Identifikasi Sidik Jari. Jangan sampai anda bolak Balik.

Ruangan Sidik Jari di Polres Mamasa

 4.    Usai Sidik Jari, anda akan diberikan Nomor Perekaman dan itu anda serahkan ke tempat Pengambilan Formulir lengkap dengan Rekomendasi dari Polsek (RCK), FC KTP dan KK, FC Ijazah Terakhir, Rumus Sidik Jari (Nomor Yang Diberikan Tadi Saat Perekaman), Foto Latar Merah (3X4 = 1 Lembar dan 4X6 = 3 Lembar, serta Biodata yang anda telah Isi.

5.    Tunggu beberapa Saat anda akan dipanggil untuk cek Balik Biodata dan Tujuan Pembuatan SKCK.

6.    Setelah sesuai dengan biodata anda serahkan kembali akan segera di cetak.

7.    Setelah jadi anda akan dimintai Biaya Administrasi sebesar 30 Ribu.

8.    Setelah membayar administrasi biasanya anda akan diminta untuk Foto Kopi SKCK yang telah jadi dan akan di Legalisir. Jangan Lupa Foto Kopi Yang Banyak.

Sebagai Catatan: Pada Saat Perekaman Sidik Jadi Anda akan dikenakan Biaya administrasi sebesar 10.000 sampai 15.000. Dan pada pembuatan SKCK di Loker penyerahan berkas anda dikenakan Biaya sebesar 30.000. Biaya 30 Ribu ini telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lingkungan Polri Terhitung Mulai 6 Januari 2017 dari 10.000 menjadi 30.000.

Demikian sekilas info mengenai pengurusan SKCK di Lingkungan Polres Mamasa. Semoga pengalaman saya hari ini mengatar teman dapat bermanfaat bagi semua teman di Mamasa. Kurre Sumangan. Kareba Maelo.


0 Response to "Syarat dan Cara Pembuatan SKCK di Polres Mamasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel